Senin, 04 Maret 2013

#17: (Potensi) Jawara Jalan Raya

Masih, tentang jalan raya dan berkendara. Dulu saya pernah mengikuti sebuah seminar dengan pembicara Prof. Dorojatun Kuntjorodjakti. Beliau mengatakan harusnya Indonesia bisa punya banyak pembalap baik motor atau mobil. Beliau menceritakan bagaimana Ia melihat di jalan dekat rumahnya di Ciputat sering dijadikan ajang balap liar. Tanpa alat pelindung keselamatan yang memadai para pembalap liar tersebut dengan sangat percaya diri memacu kendaraannya.

Jika pernah naik kendaraan umum dari sebuah terminal dalam kota pasti dapat menyaksikan bagaimana banyak angkutan umum berebut keluar terminal. Ibarat tutup botol, gerbang terminal menyempit sehingga membuat kendaraan umum yang ingin keluar menjadi sangat rapat. Jarak antar satu kendaraan dengan kendaraan lainnya hanya beberapa centimeter. Saling tikung dan berusaha mendahului membuat aroma ban yang beradu dengan aspal tercium jelas. Sungguh benar kata sebagian orang yang pernah merasakan suasana lalu lintas di luar negeri. Jika kita bisa mengemudikan kendaraan di jalanan Indonesia khususnya Jakarta, pasti bisa berkendara di seluruh dunia.

Potensi besar memang harus disalurkan dengan benar karena jika tidak, akan teralirkan pada hal-hal lain yang bisa jadi berdampak negatif.


Depok, 25 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar